Sabtu, 01 Juli 2017

Pohon Karir



Hasil gambar untuk pohon cita - cita

A.  Pengertian pohon karir
 Pohon karir atau pohon harapan merupakan alat atau media untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir umtuk memilih, menyiapkan diri, mencari, dan menyesuaikan diri terhadap karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya sehingga dapat mengembangkan dirinya secara optimal sehingga dapat menemukan karir yang efektif dam memberikan kepuasan dan kelayakan dan melalui kegiatan bimbingan kelompok dengan menggunakan media pohon harapan mampu menumbuhkan motivasi belajar yang menjadikan siswa sosok yang memiliki impian dan harapan hidup di masa yang akan datang. Di dalam pohon karir, terdapat 2 tujuan :
1.      Tujuan umum
Tujuan umum adalah membantu siswa dalam pemahaman dirinya dan lingkungannya, dalam pengambilan keputusan , perencanaan, dan pengarahan keputusan perencanaan, dan pengarahan kegiatan-kegiatanyang menuju kepada karir dan cara hidup yang akan memberikan rasa kepuasan karena sesuai, serasi, dan seimbang dengan dirinya dan lingkungannya.
             2.  Tujuan khusus
  • Meningkatkan pengetahuan siswa tentang dunia kerja
  • Membina sikap yang serasi terhadap partisipasi
  • Meningkatkan kemahiran berpikir agar mampu mengambil keputusan
  • Meningkatkan pemahaman diri siswa
  • Mengembangkan nilai-nilai sehubungan dengan gaya hidup yang dicita-citakan 

 Hasil gambar untuk pohon cita - cita
B.     Fungsi pohon karir
1. Fungsi persiapan
Guru memberikan informasi mengenai perguruan tinggi atau studi lanjutyang didapatkan oleh siswa.
2.  Fungsi pencegahan
Guru dapat memberikan bantuan agar siswa tidak kesulitan di dalam memahami tentang dirinya sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga mencegah siswa salah dalam menentukan langkah-langkah dalam menemukan karir yang di kehendaki.

3.  Fungsi penempatan
Guru akan membantu penempatan para siswa pada bidang atau jenis pendidikan, misalnya dalam hal penjurusan atau pelatihan dan pekerjaan sehingga dapat mengambil keputusan sendiri secara bijaksana.

4.  Fungsi penyesuaian
Guru pembimbing membantu siswa dalanm menyesuaikan diri dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.

5.  Fungsi pengembangan
Guru membantu siswa dalam mengembangkan seluruh pribadinya secara terarah dan   mantab pada minat kerja.

C.     Prinsip – prinsip bimbingan karir di sekolah
  • Seluruh siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya dalam pencapaian kariernya secara tepat.
  • Setiap siswa harus memahami bahwa karier itu adalah sebagai suatu jalan hidup, dan Pendidikan adalah sebagai persiapan dalam hidup.
  • Siswa hendaknya dibantu dalam mengembangkan pemahaman yang cukup memadahi terhadap diri sendiri dan kaitannya dengan perkembangan sosial pribadi dan perencanaan Pendidikan karier.
  • Siswa secara keseluruhan hendaknya dibantu untuk memperoleh pemahaman tentang hubungan antara pendidikannya dan kariernya.
  • Setiap siswa hendaknya memilih kesempatan untuk menguji konsep, berbagai peranan dan keterampilannya guna mengembangkan nilai-nilai dan norma-norma yang memiliki aplikasi bagi karier di masa depan.

D.    Proses pelaksanaan membuat pohon karir 
  •  Kegiatan ini di beriakan dalam bentuk kelompok
  • Anggota kelompok terdiri dari 5-8 anggota kelompok.
  • Pemilihan anggota kelompok dipilih secara acak yaitu berdasarkan hasil assessment guru BK.Pilih 3 orang siswa yang motivasi belajarnya endah, nilai rapport rendah dan memiliki banyak alpa dipresensi.
  • Selanjutnya dipilih 5 siswa lagi yang presensinya bagus.Kemudian disatukan dalam satu kelompok metode pembentukan kelompok agar siswa lebih bersosial dan saling bertukar pendapat.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar