A. Pengertian
pohon karir
Pohon karir atau pohon harapan merupakan alat
atau media untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir umtuk
memilih, menyiapkan diri, mencari, dan menyesuaikan diri terhadap karir yang
sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya sehingga dapat mengembangkan
dirinya secara optimal sehingga dapat menemukan karir yang efektif dam
memberikan kepuasan dan kelayakan dan melalui kegiatan bimbingan kelompok
dengan menggunakan media pohon harapan mampu menumbuhkan motivasi belajar yang
menjadikan siswa sosok yang memiliki impian dan harapan hidup di masa yang akan
datang. Di dalam pohon karir, terdapat 2 tujuan :
1. Tujuan
umum
Tujuan
umum adalah membantu siswa dalam pemahaman dirinya dan lingkungannya, dalam
pengambilan keputusan , perencanaan, dan pengarahan keputusan perencanaan, dan
pengarahan kegiatan-kegiatanyang menuju kepada karir dan cara hidup yang akan
memberikan rasa kepuasan karena sesuai, serasi, dan seimbang dengan dirinya dan
lingkungannya.
2.
Tujuan khusus
- Meningkatkan pengetahuan siswa tentang dunia kerja
- Membina sikap yang serasi terhadap partisipasi
- Meningkatkan kemahiran berpikir agar mampu mengambil keputusan
- Meningkatkan pemahaman diri siswa
- Mengembangkan nilai-nilai sehubungan dengan gaya hidup yang dicita-citakan

B. Fungsi
pohon karir
1.
Fungsi persiapan
Guru
memberikan informasi mengenai perguruan tinggi atau studi lanjutyang
didapatkan oleh siswa.
2. Fungsi pencegahan
Guru dapat memberikan bantuan agar siswa tidak kesulitan di
dalam memahami tentang dirinya sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan
sehingga mencegah siswa salah dalam menentukan langkah-langkah dalam
menemukan karir yang di kehendaki.
3. Fungsi penempatan
Guru akan membantu penempatan para siswa pada bidang atau
jenis pendidikan, misalnya dalam hal penjurusan atau pelatihan dan
pekerjaan sehingga dapat mengambil keputusan sendiri secara bijaksana.
4. Fungsi penyesuaian
Guru pembimbing membantu siswa dalanm menyesuaikan diri
dengan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.
5. Fungsi pengembangan
Guru membantu siswa dalam mengembangkan seluruh pribadinya
secara terarah dan mantab pada minat kerja.
C.
Prinsip
– prinsip bimbingan karir di sekolah
- Seluruh siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya dalam pencapaian kariernya secara tepat.
- Setiap siswa harus memahami bahwa karier itu adalah sebagai suatu jalan hidup, dan Pendidikan adalah sebagai persiapan dalam hidup.
- Siswa hendaknya dibantu dalam mengembangkan pemahaman yang cukup memadahi terhadap diri sendiri dan kaitannya dengan perkembangan sosial pribadi dan perencanaan Pendidikan karier.
- Siswa secara keseluruhan hendaknya dibantu untuk memperoleh pemahaman tentang hubungan antara pendidikannya dan kariernya.
- Setiap siswa hendaknya memilih kesempatan untuk menguji konsep, berbagai peranan dan keterampilannya guna mengembangkan nilai-nilai dan norma-norma yang memiliki aplikasi bagi karier di masa depan.
D.
Proses
pelaksanaan membuat pohon karir
- Kegiatan ini di beriakan dalam bentuk kelompok
- Anggota kelompok terdiri dari 5-8 anggota kelompok.
- Pemilihan anggota kelompok dipilih secara acak yaitu berdasarkan hasil assessment guru BK.Pilih 3 orang siswa yang motivasi belajarnya endah, nilai rapport rendah dan memiliki banyak alpa dipresensi.
- Selanjutnya dipilih 5 siswa lagi yang presensinya bagus.Kemudian disatukan dalam satu kelompok metode pembentukan kelompok agar siswa lebih bersosial dan saling bertukar pendapat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar